Jumat, 24 November 2017

Berbahasa Batak, Jokowi Resmikan Terminal Bandara Internasional Silangit

Tapanuli Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara. Jokowi meresmikan bandara ini dalam bahasa Batak.

Peresmian berlangsung di halaman depan Terminal Bandara Internasional Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Sebelum meresmikan, Jokowi melihat maket pembangunan bandara tersebut.

Kehadiran Jokowi di panggung acara disambut dengan musik dan tarian khas Batak. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan saat ini pemerintah sedang membuat 'ledakan' baru dalam pariwisata dunia.


Presiden Jokowi di Bandara Internasional Silangit

"Tujuh puluh empat ribu tahun silam, wilayah Danau Toba yang indah ini lahir dari letusan mahadahsyat dan dampaknya terasa ke seluruh dunia. Sekarang, kita sedang membuat ledakan baru di pariwisata dunia. Saat gerbang menuju keindahan Danau Toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan seni budaya suku-suku di tano Batak terbuka lebar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Bandara Silangit akan menjadi pintu gerbang bagi wisatawan. Selain itu, ini menjadi gerbang kreativitas dalam pelestarian adat Batak.

"Gerbang untuk marsipature hutanabe atau membangun kampung halaman dan terutama gerbang menuju peningkatan kemakmuran masyarakat seluruh tano Batak," katanya.

"Bukka ma pittu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hopal habang internasional," tambah Jokowi, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Jokowi kemudian melanjutkan pernyataannya dalam bahasa Batak, yang artinya agar burung-burung yang terbang memberitakan kabar baik ini ke seluruh dunia.

"Pidong na habang, pasarma barita on tu luat portibi," katanya.

Selanjutnya Jokowi meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit tersebut dengan memukul alat musik tabuh khas Batak, gordang.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Bandara Internasional Silangit resmi dibuka," katanya.

"Horas tondi madingin pir tondi matogu, mauliate (Kita akan selalu sejahtera menggunakan bandara ini secara lahir dan batin, terima kasih)," tambah Jokowi.

Sumber: news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar