Senin, 20 November 2017

Ini Alasan Kahiyang Ayu Diberi Marga Siregar

Medan - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya, Bobby Nasution, akan menjalani serangkaian adat pada esok hari. Salah satu rangkaian adat adalah pemberian marga Siregar kepada Kahiyang.

Ada beberapa alasan mengapa Kahiyang akan diberi marga Siregar. Paman Bobby, Erwan Nasution, menjelaskan alasan tersebut.

"Karena ini perkawinan antar-etnis. Jadi Kahiyang, kalau tak diberi marga, otomatis acara adat tidak bisa dilaksanakan," kata Erwan saat ditemui di Media Center, Medan, Senin (20/11/2017).

Bobby-Kahiyang di kediaman Bobby di Medan


Erwan menjelaskan, marga Siregar merupakan marga dari ibu Bobby. Pemberian marga kepada Kahiyang direncanakan dilakukan pada Selasa,(21/11/2017) di kediaman Doli Sinomba Siregar, Jalan STM, Medan. Doli merupakan tulang atau kakak laki-laki ibu Bobby.

Seperti diketahui, Kahiyang Ayu merupakan putri Solo yang tidak punya marga. Pada adat Mandailing, apabila seseorang wanita belum punya marga, salah satu acara penting adalah pemberian marga kepada mempelai wanita.

Alasan pemberian marga itu diantaranya menjelaskan keturunan, perkawinan antar-etnis, pengabdian, dan penghormatan.

"Menandakan Kahiyang diberi marga (salah satunya) memperjelas keturunan. (Marga) Nasution akan meminta keluarga Siregar untuk supaya Kahiyang Ayu diberi marga Siregar. Kami akan membawa kain sarung, tali kerbau, serta makanan yang diperlukan, seperti wajik, kue, dan macam-macam," jelas Erwan.


Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar