Kamis, 09 November 2017

Cerita Dua Presiden Punya Mantu dari Tanah Batak

Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Keduanya baru saja menikahkan putri satu-satunya, Kahiyang Ayu dengan seorang pemuda bernama Muhammad Bobby Afif Nasution.

Pernikahan sakral didahului sejumlah prosesi adat seperti siraman. Sedangkan ijab kabul dilangsungkan Rabu (8/11) pagi kemarin di Gedung Graha Saba, Solo.

Ijab kabul berlangsung lancar. Dalam satu tarikan napas Bobby menjawab ijab kabul yang dilafalkan Jokowi, sebagai ayahanda dari Kahiyang.


Pernikahan Kahiyang-Bobby. ©2017 istimewa
"Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya, Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution almarhum, dengan seperangkat alat sholat emas 80 gram dibayar tunai," ucap Jokowi sambil menjabat tangan Bobby.

"Saya terima nikah dan kawinnya Kahiyang Ayu dengan seperangkat alat sholat dan emas 80 gram dibayar tunai," jawab Bobby lancar disambut sahutan 'sah' dari tamu undangan.

Bobby memberikan maskawin seperangkat alat salat dan emas 80 gram. Dipilihnya angka 80 untuk jumlah emas bukan tanpa alasan. Sesuai adat asal Bobby, Kahiyang nantinya akan diberi marga Siregar.

"Angka 8 itu enggak putus, terus bersambung enggak putus. Kami berharap mereka (Kahiyang-Bobby) ini cintanya tidak pernah putus," kata Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar saat ditemui di Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11).

Bobby adalah putra dari pasangan almarhum Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar. Ayahnya bekas Direktur Utama PTPN IV. Bobby tinggal di kawasan elite Kota Medan, Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan.

Keluarganya asli Mandailing. Meski demikian, Bobby besar di Lampung. Semasa kuliah, dia mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Kota Bogor. Disebut-sebut, Bobby kini menjadi seorang direktur perusahaan properti.



Cerita Presiden punya mantu dari Tanah Batak sebenarnya bukan hanya terjadi pada Jokowi. Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga memiliki mantu dari Tanah Batak, Annisa Pohan.

Annisa resmi dipersunting putra sulung SBY pada 8 Juli 2005 di Istana Bogor. Keduanya telah dikaruniai seorang putri cantik bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono atau biasa disapa Aira.

Annisa adalah putri dari mantan Deputi Gubernur BI, Aulia Pohan. Perkenalan keduanya terjadi di salah satu stasiun radio swasta di Bandung. Pernikahan keduanya kini sudah berusia lebih kurang 12 tahun. Pasangan ini selalu tampil harmonis.

Saat menikahi Annisa, Agus masih menjadi prajurit TNI. Namun, institusi itu dia lepas sejak bertarung di Pilgub DKI 2017 lalu. Agus mundur dengan pangkat terakhir mayor. Meski keputusan itu sangat berat, namun Agus mantap terjun ke politik. Sang istri, Annisa, selalu mensupportnya. [lia]

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar