Rabu, 21 Juni 2017

Tahun Ini, Wisatawan ke Samosir Diyakini Tembus 200 Ribu Orang

Pembangunan wisata Danau Toba, Sumatera Utara, yang dikebut pemerintah pusat membuat daerah optimis. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bahkan menargetkan 200.000 kunjungan wisata ke ‘Negeri Indah, Kepingan Surga’ itu pada tahun 2017 ini.
Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Pemkab Samosir, Ombang Siboro mengatakan tren kunjungan ke daerah itu terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.
Pada tahun 2015 tercatat kunjungan mencapai 171.000 dan tahun 2016 meningkat menjadi 190.000.



“Dinas Pariwisata optimis tahun 2017 mencapai 200.000 orang,” kata Ombang di Samosir, beberapa waktu lampau, Selasa (21/2).
Menurut Ombang, data itu diperoleh dan dihimpun secara berkala oleh Dinas Pariwisata dari lokasi objek wisata, tempat hiburan, hotel-hotel, restoran dan tempat lainnya.
Apa yang akan dilakukan untuk mencapai target ini?
Untuk meningkatkan angka kunjungan, Dinas Pariwisata menggelar berbagai kegiatan yang mampu menarik wisatawan seperti konser musik, budaya dan atraksi adat lokal dan perlombaan yang dikemas dalam Horas Samosir Fiesta.
Dinas Pariwisata juga mengandalkan keindahan alam, objek wisata, situs sejarah seperti pemandian kawasan pantai pasir putih perairan Danau Toba, pemandian air panas, legenda patung Sigale-gale.
Pengaktifan aplikasi promosi wisata melalui elektronik ‘Touch Samosir’ memberikan kemudahan bagi calon pengunjung dan pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang kepariwisataan seperti objek wsiata, hotel, restoran, transportasi, kuliner, kegiatan atau atraksi dan souvenir.
Untuk diketahui, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata menargetkan 1 juta wisatawan manca negara yang berkunjung ke Danau Toba pada 2019. Sementara, untuk total kunjungan wisman ke Indonesia pada tahun yang sama adalah 20 juta orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar